“Menggali Kreativitas Melalui Kewirausahaan dan Olahan Umbi-Umbian”

Bukit Kemuning, 23 Februari 2024 – SMA Negeri 1 Bukit Kemuning menggelar Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Kewirausahaan”. Acara ini menjadi momentum untuk melibatkan siswa dalam kegiatan kreatif dan produktif yang dapat meningkatkan kualitas dan profil Pancasila sebagai landasan moral bangsa Indonesia. Salah satu kegiatan unggulan pada gelaran ini adalah pengolahan makanan berbahan dasar umbi-umbian yang dilakukan oleh para siswa.

Acara yang berlangsung di GOR SMA Negeri 1 Bukit Kemuning ini menarik perhatian seluruh warga sekolah. Dengan semangat Pancasila sebagai pedoman, siswa-siswa SMA Negeri 1 Bukit Kemuning menunjukkan kekreatifan dan keberanian mereka dalam mengembangkan potensi diri, khususnya dalam bidang kewirausahaan.

Tema Kewirausahaan: Mendorong Jiwa Kreatif dan Inovatif Pelajar

Tema “Kewirausahaan” dipilih untuk memberikan peluang kepada siswa untuk memahami dunia bisnis dan mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat menggali potensi diri mereka dalam menciptakan ide bisnis, merencanakan pelaksanaan, dan mengelola hasilnya. Seiring dengan itu, mereka juga diarahkan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap langkah yang mereka ambil.

Olahan Makanan Berbahan Dasar Umbi-Umbian: Inovasi Kuliner yang Sehat dan Bergizi

Salah satu kegiatan utama pada Gelar Karya Proyek P5 ini adalah pengolahan makanan berbahan dasar umbi-umbian. Para siswa diundang untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam menciptakan hidangan lezat dan bergizi. Umbi-umbian seperti ubi, singkong, dan talas menjadi bahan dasar yang diolah dengan berbagai cara, mulai dari makanan tradisional hingga inovasi kuliner modern.

Momen Spesial di GOR SMA Negeri 1 Bukit Kemuning

Pada hari Jumat, 23 Februari 2024, GOR SMA Negeri 1 Bukit Kemuning menjadi saksi atas beragam sajian kuliner yang dihasilkan oleh siswa-siswi yang berpartisipasi. Mulai dari aneka kue, camilan, hingga makanan utama, semua dibuat dengan keahlian dan dedikasi tinggi. Stand-stand pameran yang dipersiapkan di sepanjang ruangan GOR menjadi tempat bagi para pengunjung untuk menikmati dan membeli hasil karya kewirausahaan para pelajar.

Pentingnya Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Gelar Karya Proyek P5 ini bukan hanya tentang menciptakan produk dan karya-karya inovatif, tetapi juga tentang penguatan nilai-nilai Pancasila dalam diri setiap siswa. Dengan melibatkan mereka dalam kegiatan kewirausahaan dan pengolahan makanan berbahan dasar umbi-umbian, diharapkan para siswa dapat memahami betapa pentingnya keberanian, kejujuran, keadilan, kerja sama, dan toleransi dalam meraih kesuksesan.

Gelar Karya Proyek P5 SMA Negeri 1 Bukit Kemuning menjadi bukti nyata bahwa pendidikan bukan hanya tentang teori, tetapi juga praktek. Dengan mengintegrasikan kegiatan seperti ini, sekolah mendorong siswa untuk menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan kewirausahaan yang kuat dan bermoral.

Acara ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi para siswa tetapi juga menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk melibatkan siswa dalam kegiatan kreatif dan produktif yang mendukung pembentukan karakter dan keterampilan kewirausahaan. Gelar Karya Proyek P5 SMA Negeri 1 Bukit Kemuning sukses menjadi momen bersejarah yang mengukuhkan peran sekolah dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan berintegritas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here