Beranda Berita Artikel PERINGATAN ISRA MI’RAJ 27 RAJAB 1444 H

PERINGATAN ISRA MI’RAJ 27 RAJAB 1444 H

669
0

 

PERINGATAN ISRA MI’RAJ 27 RAJAB 1444 H

Isra’ berasal dari kata sara yang artinya ‘perjalanan malam’. Sementara, mi’raj berarti ‘kendaraan’, ‘alat untuk naik’, ataupun ‘tangga’ dalam bahasa Arab. Bentuk jamaknya ialah ma’arij yang artinya ‘tempat-tempat naik. Akan tetapi menurut istilah, mi’raj adalah perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Aqsa ke langit tujuh sampai ke Arasy Allah.

Pengertian secara umum Isra Mi’raj adalah peristiwa yang dipercayai oleh umat Islam di mana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem dalam semalam melalui perjalanan Isra. Kemudian, beliau naik ke langit ketujuh melalui Mi’raj di mana beliau bertemu dengan para nabi, termasuk Nabi Ibrahim, Nabi Musa, dan Nabi Isa, serta mengalami pengalaman spiritual yang luar biasa, termasuk penglihatan Surga dan Neraka. Selama peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW juga menerima perintah dari Allah SWT tentang kewajiban shalat lima waktu bagi umat Islam.

Peristiwa Isra Mi’raj dianggap sebagai salah satu peristiwa yang paling penting dalam sejarah Islam, karena itu menunjukkan kebesaran Allah SWT dan memperkuat keyakinan umat Islam dalam kebenaran risalah Nabi Muhammad SAW. Peringatan Isra Mi’raj biasanya dirayakan oleh umat Islam pada tanggal 27 Rajab dalam kalender Islam.

Jum’at, 03 Maret 2023 SMA Negeri 1 Bukitkemuning telah memperingati isra mi’raj bersama seluruh siswa-siswi dan sekaligus melakukan do’a bersama dalam persiapan menghadapi Ujian Sekolah (US) untuk siswa kelas XII baik IPA maupun IPS yang akan dilaksanakan tanggal 13-18 Maret 2023.

Dalam peringatan isra mi’raj dan do’a bersama tersebut kepala sekolah yaitu bapak Haidir Yusuf, S.T, M.T hadir untuk memberikan sambutan dan nasehat kepada siswa-siswa SMAN 1 Bukitkemuning.

Pelaksanaan isra mi’raj dan do’a bersama dilaksanakan di GOR SMAN 1 Bukitkemuning, seluruh siswa-siswi dan dewan guru pun turut serta hadir mengikuti acara tersebut. Diakhir acara seluruh siswa-siswa saling bermaaf-maafan baik dengan sesama siswa maupun dengan seluruh dewan guru. Mudah-mudahan kita semua tetap menjadi umatnya nabi Muhammad SAW hingga akhir hayat dan mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak. Aamiiin

 

Untuk memeriahkan peringatan isra mi’raj, SMAN 1 Bukitkemuning juga sebelumnya telah mengadakan lomba kaligrafi, nasyid dan fashion show menggunakan pakaian muslim baik laki-laki maupun perempuan. Perlombaan ini diikuti oleh seluruh perwakilan tiap kelas dan berlangsung sangat meriah.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here