PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
 SMAN 1 BUKIT KEMUNING
Tahun Pelajaran 2024/2025

“Ayo sambut peluang baru untuk bergabung dengan keluarga besar SMA Negeri 1 Bukit Kemuning!. SMA Negeri 1 Bukit Kemuning kembali membuka peluang bagi generasi penerus untuk meraih impian dan membangun masa depan gemilang melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2024/2025. Pelaksanaan PPDB SMAN 1 Bukit Kemuning dilaksanakan secara daring/online pada laman website https://lampung.siap-ppdb.com yang akan dimulai berdasarkan jadwal berikut :

A. JADWAL PENDAFTARAN
Waktu Pendaftaran : 07.30 s/d 15.00 WIB

1. Jalur Afirmasi.
Pendaftaran                                          : 19 – 20 Juni 2024
Pengumuman                                        : 22 Juni 2024

Apabila  tidak lulus Jalur Afirmasi diperbolehkan mendaftarkan diri kembali pada jalur lain seperti Jalur Zonasi, Prestasi Akademik atau Non-Akademik dan  Perpindahan Tugas Orang Tua jika memenuhi syarat dan ketentuan.

2. Jalur Zonasi, Prestasi Akademik atau Non-Akademik dan Perpindahan Tugas Orang Tua.
Pendaftaran                                   : 21 – 24 Juni 2024
Verifikasi Faktual Berkas                  : 25 – 28 Juni 2024
Pengumuman                                 : 29 Juni 2024

3. Lapor Diri / Daftar Ulang         : 01 – 02 Juli 2024
4. Masuk MPLS : 15 -17 Juli 2024
5. Hari Pertama Masuk Sekolah    : 15 Juli 2024

 Laman Pendaftaran                     : https://lampung.siap-ppdb.com

 B. SYARAT PENDAFTARAN
Dokumen yang di unggah harus dalam format pdf/jpeg/png ukuran maks 1 Mb dan berkas ASLI bukan fotocopy. Berikut syarat-syaratnya :
1. Berusia paling tinggi 21 Tahun pertanggal 01 Juli 2024.
2. Scan Ijazah/SKL Asli (pdf/jpg).
3. Scan Kartu Keluarga paling singkat 1 (satu) tahun sejak diterbitkan sebelum tanggal pendaftaran PPDB (pdf/jpg).
4. Scan Akte Kelahiran Siswa dan KTP Orang Tua (pdf/jpg).
5. Pas Foto Berwarna 3×4 cm (pdf/jpg).
6. Scan Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak Orang Tua/wali bermaterai Rp. 10.000; (pdf/jpg). DOWNLOAD FORMATNYA

 Syarat Tambahan Sesuai Jalur:

1. Jalur Afirmasi : Scan Kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) / KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) / PKH (Program Keluarha Harapan), salah satu kartu berlaku untuk digunakan dalam pendaftaran PPDB.

Catatan : Kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) / BPJS dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) tidak berlaku dan tidak dibolehkan digunakan sebagai syarat pendaftaran jalur Afirmasi.

Apabila menggunakan Kartu KIP dan Kartu PKH palsu maka akan didiskualifikasi atau secara otomatis akan ditolak file dan berkasnya, karena nomor peserta KIP dan PKH teridentifikasi otomatis secara online pada Disdukcapil dan Kementerian Sosial.

2. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua : Scan Surat penugasan dari instansi /lembaga (SPT atau SK Orang Tua)

3. Jalur Prestasi Akademik : Scan Surat Keterangan Peringkat Rapor Satu Angkatan/sekolah yang dikeluarkan dan ditandatangi Kepala Sekolah, bukan hanya peringkat di kelas VIII SMP. CONTOH SURAT

4. Jalur Prestasi Nonakademik : Scan Sertifikat Prestasi nonakademik Asli. Misal sertifikat penghafal Al-Qur’an, Sertifikat Juara Perlombaan/Pertandingan Tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan Internasional dan sertifikat lain yang berlaku.

Apabila menggunakan SERTIFIKAT PALSU maka akan didiskualifikasi atau secara otomatis akan ditolak file dan berkasnya karena data sertifikat akan terkoreksi dan terdeteksi secara otomatis online.

 C. CARA PENDAFTARAN ONLINE
Disarankan mendaftar menggunakan Komputer atau Laptop tidak di anjurkan menggunakan Handphone (HP) karena dikhawatirkan terjadi kesalahan unggah file dokumen dan ketidakakuratan/kesalahan titik lokasi rumah calon pendaftar. Berikut alur pendaftarannya :
1. Mengakses ke alamat website: https://lampung.siap-ppdb.com
2. Pilih Jalur Pendaftaran : Afirmasi, Zonasi, Prestasi Akademik / Non-Akademik atau Perpindahan Tugas Orang Tua sesuaikan dengan jadwal pendaftaran tiap jalur.
3. Masukan / Input Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan lengkapi biodata Siswa calon pendaftar.
4. Unggah syarat dengan format pdf/jpeg/png, ukuran maksimal 1 MB.
5. Memilih sekolah pilihan.
6. Peserta mencetak bukti pendaftaran dan disimpan untuk memenuhi syarat lapor diri/daftar ulang apabila lulus PPDB.
7. Peserta dihimbau untuk mengecek setiap saat status pengajuan pendaftarannya, apakah ditolak atau terverifikasi (sudah diterima).

Contact Person : Bu Yurna  (0852-6828-9998)

Semoga setiap siswa yang diterima dapat menemukan potensi terbaiknya dan menjadi bagian dari perjalanan gemilang SMAN 1 Bukit Kemuning dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berintegritas tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here