Beranda Artikel JENIS ORGANISASI DI SEKOLAH YANG BERMANFAAT

JENIS ORGANISASI DI SEKOLAH YANG BERMANFAAT

21
0

OSIS merupakan salah satu organisasi yang dibutuhkan di sekolah menengah, termasuk sekolah menengah atas. Sebuah sekolah menengah memiliki lebih dari sekedar dewan siswa, ada beberapa organisasi yang dapat diikuti oleh semua siswa di sekolah. Melalui berbagai organisasi di lingkungan sekolah, kami berharap siswa dapat memanfaatkan minat, hobi, dan bakat mereka dengan cara yang bermanfaat bagi mereka di masa depan.

Organisasi dapat didefinisikan sebagai kelompok kerja sama yang dibentuk oleh sekelompok orang dengan tujuan yang sama. UUD 1945, Pasal 28, menyatakan bahwa setiap warga negara memiliki kebebasan untuk membentuk organisasi. Organisasi terbesar di lingkungan sekolah adalah OSIS, dan ada beberapa lainnya.

Jenis-Jenis  Organisasi Di sekolah

Organisasi dapat membantu melatih dan meningkatkan kemampuan mereka untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Demikian pula pengorganisasian lingkungan sekolah diharapkan dapat membantu siswa bekerja sama dengan teman sebaya dan guru untuk mencapai tujuan bersama. Di bawah ini adalah beberapa contoh organisasi yang biasanya ada di sekolah menengah dan sangat membantu siswa.

  1. OSIS

OSIS merupakan organisasi yang memegang peranan penting di setiap sekolah. Apa itu OSIS? Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah organisasi terbesar di sekolah dan setiap siswa secara otomatis bergabung sebagai anggota. Sebagai pengurus OSIS, Anda dapat berpartisipasi aktif dan menunjukkan kerja sama dan keberanian Anda. Misalnya, jika Anda menjadi pengurus OSIS di SMAN 1 Bukit Kemuning, Anda dapat melatih sikap positif melalui program pelatihan LDK.

  1. Pramuka

Selain OSIS, Pramuka merupakan organisasi yang mengikat bagi seluruh mahasiswa. Melalui Pramuka, siswa belajar dan mempraktekkan banyak hal positif seperti kerjasama, kepemimpinan, kemandirian, disiplin, dan keterampilan tertentu. Bagian terbaik menjadi Pramuka adalah acara perkemahan yang biasanya diadakan di luar sekolah.

  1. Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah adalah suatu bentuk organisasi yang tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga bagi guru dan staf. Koperasi sekolah biasanya menawarkan berbagai perlengkapan sekolah seperti alat tulis. Koperasi sekolah juga berfungsi seperti kafetaria di mana siswa dan guru dapat membeli makanan. Ada juga beberapa koperasi sekolah yang menawarkan jasa fotokopi kepada siswa dan guru. Koperasi sekolah dijalankan oleh staf dan siswa dan membantu meningkatkan kesejahteraan.

  1. Palang Merah Remaja (PMR)

Mereka yang sangat mencintai bidang kesehatan bisa bergabung dengan Palang Merah Remaja (PMR). Anggota PMR biasanya bergiliran menjaga saat upacara bendera agar bisa memberikan pertolongan pertama jika siswa sakit atau pingsan.

  1. Karya ilmiah

Organisasi yang sama dihormati di sekolah adalah Kelompok Riset Ilmiah. Anda dan teman-teman Anda dalam organisasi ini dapat melakukan penelitian dan eksperimen tentang topik-topik ilmiah baik di bidang eksakta maupun bidang sosial.

  1. Organisasi kelas

Di kelas yang sebenarnya, mereka juga merupakan anggota dari sebuah organisasi yang disebut kelas, dan setiap kelas membutuhkan kepanitiaan dari ketua hingga anggota. Anda dapat belajar mengatur diri sendiri dengan menjadi salah satu administrator kelas.

Sekolah menengah masih memiliki banyak jenis organisasi yang menguntungkan Anda sebagai siswa. Kelompok bahasa, kelompok olahraga, band kuningan, seni, dan lain-lain. Di SMAN 1 Bukit Kemuning memungkinkan anda untuk memilih organisasi berdasarkan minat Anda melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Organisasi sekolah yang didukung oleh institusi yang tepat adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan potensi dan prestasi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here