” Menyemai Semangat Kewirausahaan di Kalangan Pelajar “

Tema P5 Kelas X Semester 2 T.P 2023/2024 : Kewirausahaan

Selasa, 21 Februari 2024.

Pendidikan bukan hanya sekedar mengisi kepala dengan pengetahuan, tetapi juga merangsang kreativitas, semangat berwirausaha, dan memupuk nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Inilah yang diwujudkan oleh siswa dan siswi SMA Negeri 1 Bukit Kemuning dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kelas X Semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Fokus proyek ini tidak hanya pada pemahaman Pancasila, tetapi juga mengintegrasikan unsur kewirausahaan sebagai bentuk pengaplikasian nilai-nilai tersebut dalam dunia nyata.

Salah satu kegiatan yang menjadi sorotan dalam pelaksanaan proyek ini adalah kunjungan ke beberapa tempat usaha di sekitar Bukit Kemuning. Para siswa dan siswi berkesempatan melihat secara langsung bagaimana dunia usaha beroperasi, serta belajar dari para pengusaha yang telah sukses menjalankan bisnis mereka. Beberapa tempat usaha yang dikunjungi antara lain adalah usaha backdrop Anggun, Bouquet Sisi, Kue Trian Al-Afif, Pabrik Roti Edi di Tante, Seblak Dwi, Pabrik Roti Kembar, Ternak Ayam Petelur, Rumah Makan WNZ Mandiri, Fallen Corner Khusnul, Pabrik Tempet Nurjanah, Pabrik Keripik Gampang, Pabrik Kerupuk Mail, Papan Bunga Nci Florist, dan Pempek Onah.

Kunjungan ke tempat usaha tersebut memberikan pengalaman berharga bagi para pelajar dalam memahami berbagai aspek dunia kewirausahaan. Mereka dapat melihat secara langsung bagaimana proses produksi berlangsung, strategi pemasaran yang diterapkan, dan berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pengusaha. Selain itu, interaksi langsung dengan para pelaku usaha memberikan peluang untuk bertanya, belajar, dan mendapatkan wawasan langsung dari pengalaman mereka.

Setelah kunjungan, siswa dan siswi SMA Negeri 1 Bukit Kemuning tidak hanya berhenti pada pengamatan, namun mereka juga dihadapkan pada tugas-tugas konkret yang menuntut penerapan konsep kewirausahaan. Proyek ini melibatkan pembuatan produk usaha kecil-kecilan yang dapat dijalankan di lingkungan sekolah atau masyarakat sekitar. Beberapa ide usaha yang muncul antara lain usaha kerajinan dan  makanan ringan.

Para siswa dan siswi dibimbing untuk menyusun rencana bisnis, merancang strategi pemasaran, dan menghitung keuntungan serta risiko yang mungkin terjadi. Mereka diajak untuk berpikir kreatif, inovatif, dan berani mengambil tanggung jawab sebagai pengusaha muda. Dengan demikian, pelaksanaan proyek ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka terhadap nilai-nilai Pancasila, tetapi juga melatih mereka menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan berwawasan usaha.

Selain aspek kewirausahaan, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) juga menitikberatkan pada pembentukan karakter dan sikap positif terhadap sesama dan lingkungan. Para siswa dan siswi didorong untuk menjalin kolaborasi yang baik dalam tim, menghargai keragaman, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Melalui proyek ini, SMA Negeri 1 Bukit Kemuning membuktikan komitmennya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik, menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademis tetapi juga memiliki keterampilan, sikap, dan nilai-nilai positif yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dunia nyata. Diharapkan, proyek ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengintegrasikan pembelajaran kewirausahaan dan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum mereka, sehingga menciptakan generasi muda yang siap menghadapi masa depan dengan penuh semangat dan keberanian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here